getlove

Ereksi Payudara | 07/24/2009

May 16th, 2009

erectnippleDua minggu yang lalu, sahabat saya dari Amerika, Rodney, yang kebetulan datang ke Surabaya, menemani saya membuat blog artikel rahasia payudara. Diapun ikut browsing tulisan tentang payudara, ingin membantu saya katanya. Tiba-tiba dia  bertanya “Inung, what’s in men’s and women’s nipples that makes them go erect?”

Heeemmm…sejenak saya berpikir, apa yaa?? Ah…segera saya searching jawaban pertanyaan itu via google. Ide bagus buat menulis artikel baru, nich!! Dan inilah jawabannya….

Ereksi payudara…apakah sama dengan ereksi penis?? Setahu saya ereksi penis terjadi karena adanya aliran darah yang mengisi jaringan semacam spon yang disebut corpus cavernosum penis yang merupakan jaringan erektil.

Jaringan erektil merupakan satu jenis  jaringan khusus yang akan “bengkak” dan membesar, karena adanya aliran darah ke dalamnya dan “terjebak” di dalamnya sehingga tidak dapat keluar. Jaringan erektil memiliki pembuluh arteri yang dapat membawa darah, ruang besar untuk diisi darah yang “terjebak”, serta pembuluh vena yang tersumbat untuk menjebak darah di dalam di dalam ruang. Pada manusia, jaringan erektil terdapat pada penis, klitoris, dan hidung.

Selama melakukan hubungan intim, tubuh wanita, khususnya payudara dapat membesar 30%, dan puting dapat bertambah besar sampai 6 milimeter. Jadi, apakah puting juga memiliki jaringan erektil sebagaimana pada penis dan klitoris?

Jawabannya “Tidak”.

Dalam buku anatomi dikatakan bahwa “underneath the nipple and areola, there are bundles of smooth muscle fibres in the connective tissue, and also along the length of the milk ducts. These muscle fibres make the nipple become erect, in response to various stimuli”.

Breast AnatomyBreast Anatomy
glandulae_areolaresReaksi Puting dan Areola Terhadap Rangsangan

Ya, di bawah puting dan areola terdapat bundel serat otot halus dalam jaringan konektif, dan juga sepanjang saluran susu. Serat otot ini yang membuat puting ereksi sebagai respon terhadap berbagai rangsangan.

Jadi membesarnya puting payudara bukan disebabkan jaringan erektil, namun karena otot-otot halus.

Ooooo…begitu, to??

Hey, Rodney, I find out! It’s the answer!

Sumber:
http://www.iupucanatomy.com
http://www.abc.net.au
http://en.wikipedia.org


Posted in payudara

Leave a Comment »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

    Join 4Shared Now!

    40ag dotcom

    Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

%d bloggers like this: